11 Cara Promosi Blog Supaya Cepat Naik Trafiknya



promosi blog

Cara Promosi Blog sebenarnya susah-susah gampang, tergantung pemilik blog tersebut. Pengen cepat naik trafiknya bisa menggunakan cara gampang yaitu dengan beriklan di situs PPC, PTC ataupun jualan link dengan membeli keyword tertentu disitus yang menyediakannya.
Tapi cara ini menggunakan modal yang cukup besar, karena kita harus membayar jasa yang ditawarkan. Jadi tidak semua blogger bisa menggunakannya.

Disini saya akan coba menawarkan cara lain yang cukup gampang dan tanpa menggunakan biaya. Jika berminat silahkan dicoba, siapa tahu malah lebih baik dari cara sebelumnya.


So langsung aja,, Cekidot.!!!


1. Add url anda ke 4 search engine utama, seperti google, yahoo, msn (bing), dan altavista jangan lupa lakukan verifikasi blog anda ke google webmaster central, yahoo site explorer, bing webmaster central, secara detail panduannya bisa dilihat disini teknik seo



2. Memilih tempat untuk promosi blog, seperti:

a. Situs sosial networking, seperti facebook, friendster,myspace, dll
b. Situs/forum sharing informasi seperti yahoo answer, yahoo group, dll
c. Submit blog ke situs social networking , seperti:
lokal ( infogue,lintasberita,artikel indonesia, dll)
mancanegara (digg, delicious,dll)
d. submit ke feed reader


3. Bertukar link blog dengan blogger lain, atau ke web direktori


4. Komentar di blog orang lain dengan meninggalkan url, agar orang lain yang tertarik dengan komentar anda bisa mengunjungi blog anda, biasanya saat mengisi komentar diminta login sebagai ( isi Nama blog/keyword yag akan dioptimasi) dan ada option url  atau website.


5. Update postingan secara berkala agar google spider senang mengindeks blog anda dan tentunya pengunjung akan tertarik jika blog sering diupdate, sebaiknya informasi bermanfaat buat orang lain seperti tutorial, tips, konten gratis, dan lain-lain

Sesekali lakukan postingan tentang berita yang sedang hangat, namun jangan lupa anda meninjau berita tersebut dari aspek yang berhubungan dengan tema blog, jangan lupa sisipkan anchor link.

6. Buat postingan sebisa mungkin beda dengan postingan lainnya atau postingan dari blog lain, lakukan tinjauan dari sudut pandang anda sendiri, jika mirip dengan kontent blog lain sebaiknya lakukan pengubahan struktur suku kata agar google menganggap postingan anda bukan hasil copy paste, karena jika terlalu banyak hasil copy paste maka akan susah naik pageranknya, google lebih senang dengan kontent yang originil. yang perlu diingat google mempertimbangkan keaslian konten dalam menentukan pagerank. Mungkin dengan copy paste anda lebih cepat terindeks di google, dan bahkan muncul di halaman pertama tetapi dari aspek ratio pagerank tidak dianggap berbobot oleh google karena masalah oroginal content. 

7. Buatlah beberapa blog dummy (blog sekunder) yang berguna untuk membantu menyebarkan informasi dan sewaktu-waktu bisa anda gunakan untuk membackup link ke blog utama. Blog dummy biasanya digunakan untuk mengoptimasi keyword-keyword yang masih berhubungan dengan blog utama, (sebagai catatan, keyword utama adalah keyword yang berdasarkan hasil analisis google terbanyak pengunjungnya), bisa dilihat di google keyword tools.



8. Lakukan perbandingan trafik / link dari blog utama ke blog dummy, anda bisa meletakkan link di menu bar/blogroll setiap blog. Langkah awal alirkan trafik dari blog utama ke blog dummy, setelah ada keyword yang teroptimasi (bisa dilihat di google webmaster tools) perbanyak postingan yang berhubungan dengan keyword tersebut agar semakin baik posisinya di SERP. Setelah blogdummy terindeks google, ubah tag link dari blog utama ke blog dummy menjadi nofollow, agar tidak memberatkan blog utama. Jika pagerank blog dummy sudah setara dengan blog utama bisa mengubah satus tag linknya menjadi follow agar bisa berbagi popularitas di search engine. dan blog dummy bisa bersaing secara natural dalam search engine.


9. Update blog dummy secara kontinyu, jika blog dummy sudah bisa mandiri ditandai dengan trafik (pengunjung) yang terus bertambah dan keyword yang terindeks di 10 besar SERP semakin banyak lakukan perluasan keyword. Selanjutnya buat blogdummy level dua untuk membackup blog dummy level 1.


10. Lakukan pembuatan blog dummy sebanyak-banyaknya sesuai kemampuan anda dan tetap rawat (update) blog dummy agar pageranknya terjaga dan sebisa mungkin meningkat, semakin banyak blog dummy maka semakin besar peluang mendatangkan trafik dan meningkatkan pagerank. Yang perlu diingat jaga original content (keaslian kontent), agar anda tidak dianggap oleh gooogle melakukan atau membuat spam link/spam blog 


11.Langkah terakhir belajar dan terus belajar mengoptimasi blog, agar kemampuan promosi blog semakin berkembang, karena pasti ada pasang surutnya tiap-tiap teknik seo yang diterapkan pada blog, berusaha temukan teknik-teknik seo .dan jangan lupa diposting di blog anda, karena biasanya akan ada masukan dari pengunjung yang mungkin anda tidak pernah alami tetapi bisa membantu saling mengembangkan teknik-teknik promosi blog yang efektif.

Yang perlu diingat ngeblog  harus dilakukan secara kontinyu, usahakan dalam seminggu ada update postingan, jika tidak bisa usahakan dalam sebulan ada postingan dan ada keyword baru yang terindeks oleh google di 10 besar SERP (hasil penelusuran mesin pencari). Jika anda posting dalam 3 bulan hanya sekali atau 6 bulan sekali, maka sangat sulit untuk mendapatkan pagerank yang baik. Agar bisa kontinu anda bisa mengikuti program bisnis online gratis yang bisa membantu biaya operasional  blog agar tetap kotinyu, jika belum ada penghasilan harus alokasikan dana  untuk biaya pulsa internet/warnet, atau berinternet di tempat yang ada hotspot koneksi internet gratis.

Related Posts:

19 Responses to "11 Cara Promosi Blog Supaya Cepat Naik Trafiknya"

  1. manteb gan infonya sngat bermanfaat

    BalasHapus
  2. THANKS GAN, AKAN SAYA COBA...

    BalasHapus
  3. iya sama2...
    selamat mencoba ya..

    BalasHapus
  4. tengkyu gan :) i'll try...

    BalasHapus
  5. terima kasih gan sangat membantu saya yang pemula...

    BalasHapus
  6. thanks gan utuk infonya.
    kalo mau download film lewat indowebster mampir di blog ane ya, film dewasa juga ada. thanks

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya ya gan.. sangat bermanfaat buat saya yang blogger newbie. oya, ikuti blog saya juga ya, di blogseputar.blogspot.com terima kasih.. :D

    BalasHapus
  8. numpang lewat!
    Dapatkan trafik cepat satu minggu proses Tips & triks:
    http://mahakaryaarticle.blogspot.com
    terbukti sehari 1000 bisa lebih pageviews.

    BalasHapus
  9. begitu toh, caranya
    tq banget mas...

    BalasHapus
  10. Good blog !

    Kunjungi web sy jg ya.. di www.houseoflips.blogspot.com

    BalasHapus
  11. mantep tips nya agan kunjung juga... http://artik-bar.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat gan blognya salam kenal aja ya....!

    BalasHapus
  13. mkasih baraayy
    visit back yoo
    aderizkytriprasojo.blogspot.com

    BalasHapus
  14. untuk naikin pagerank gimana ya sob

    knjung balik dong sob www.andi.my.id

    BalasHapus