Kenapa Kita Merasa Haus ?


kenapa kita merasa hausKenapa Kita MerasaHaus ?
Tubuh kita senantiasa harus memperbaharui persediaan airnya secara terus-menerus.
 
Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa 70% tubuh terdiri dari air, sehingga kurang minum bisa  berakibat kurangnya cairan tubuh dan mengalami dehidrasi.




Dalam sehari orang dewasa rata-rata membuang kurang lebih dua per tiga bagian air lewat jalan keringat, dan sekitar satu bagian air melalui air seni dan kotoran.

 
Proses kehilangan dan memperoleh air tersebut tidaklah cukup untuk menjaga keseimbangan jumlah air kita perlukan dalam tubuh kita meski secara alamiah kita juga mendapat pasokan zat cair dari makanan. Kalau kita merasa haus, itulah tandanya bahwa tubuh kita memerlukan lebih banyak air lagi.
 
Pada saat tidurpun tubuh kita banyak mengeluarkan cairan karena proses metabolisme sel-sel tubuh kita terus bekerja, sehingga tidak bisa ditawar-tawar lagi bahwa minum air putih secukupnya pada saat bangun tidur bisa mengganti cairan tubuh yang hilang.
Kita menyantap garam dari makanan sehari-hari yang juga menyebabkan rasa haus itu timbul. Sebab di dalam darah kita terdapat sejumlah kadar garam dan air tertentu yang apabila keseimbangan ini terganggu, akibatnya kita merasa haus.


Di dalam jaringan otak kita terdapat satu
“Pusat Dahaga” yang akan bereaksi terhadap perubahan jumlah garam yang terdapat dalam darah.
Apabila kadar garam berubah, dengan cepat otak memberikan peringatan melalaui rasa haus bahwa kita membutuhkan tambahan cairan.


Jadi jangan tunggu sampai rasa haus menyerang, minumlah dengan teratur setiap hari maka tubuh anda tidak akan mengalami kekurangan cairan.
Dan yang paling penting adalah jika minum teratur minimal 8 gelas sehari merupakan salah satu langkah untuk menjadi “SEHAT” !!! Siapa yang mau??


Related Posts:

0 Response to "Kenapa Kita Merasa Haus ?"

Posting Komentar