Ilmuan AS Ini Buktikan Bahwa Ayam Memang Bisa Melihat Malaikat

Seorang peneliti asal Washington University di St Louis bernama Joseph Corbo, baru-baru ini memimpin penelitian mengenai kekuatan indra penglihatan ayam. 

Dikutip Solopos.com dari Livescience (24/04/2015), hasil penelitian yg digawangi Joseph Corbo dilaporkan dalam suatupublikasi ilmiah di Jurnal Public Library of Science ONE tepatnya th 2010 silam. Publikasi ilmiah ini lantas menghebohkan sejumlah web informasi Arab. 
Ilmuan AS Ini Buktikan Bahwa Ayam Memang Bisa Melihat Malaikat
Joseph Carbo

Beberapa blog berbahasa Arab bahkan mengulas hasil riset ini komplit dgn perbandingannya dgn salah satu hadis dari baginda Rasulullah. 

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan berkokok, maka mintalah karunia pada Allah lantaran ayam itu menyaksikan malaikat, sedangkan apabila engkau mendengar ringkikan keledai, maka hendaknya engkau berlindung kepada Allah dari Setan lantaran ia menyaksikan setan,” begitu bunyi terjemahan hadis shahih yg dikutip dari kitab Hadits Riwayat (HR) Bukhari & Muslim yg dikutip beberapa website berbahasa Arab tersebut. 

Dalam penelitian Joseph Corbo, dijelaskan penemuan bahwa ayam mempunyai kerucut retina tambahan di bandingkan dgn yang dimiliki oleh manusia. Factor tersebut memungkinkan hewan unggas ini mampu membedakan warna tambahan & juga suatu fenomena yg tidak kasat mata. 

Corbo menyampaikan bahwa kemampuan ayam untuk mengidentifikasi warna tersebut berasal dari sel cahaya husus yg ditemukan di retina mata ayam. Sel-sel ini disinyalir bisa mendeteksi panjang gelombang cahaya yg tidak sama.

Related Posts:

0 Response to "Ilmuan AS Ini Buktikan Bahwa Ayam Memang Bisa Melihat Malaikat"

Posting Komentar