Mekanisme Rasa Haus Pada Manusia

Mekanisme rasa haus pada manusia. Sepertinya tak ada yg menyangkal bagaimana peranan air untuk fitalitas badan. Semua bagian badan manusia senantiasa membutuhkan asupan air dlam segala bentuk aktivitasnya, termasuk juga dan bahkan ketika manusia tidur. Setiap manusia akan mengalami apa yang dinamakan dengan mekanisme rasa haus yang dikirim oleh otak ke indra perasa manusia. Coba lihat di wikipedia tentang Minum
Mekanisme Rasa Haus Pada Manusia

Pada manusia dewasa, kurang lebih sebanyak 60-70 % tubuhnya itu terdiri dri air, sementara pada bayi & anak 80 % tubuhnya itu terdiri dri air juga.Akan tetapi, tak banyak orang yg memperhatikan dan memikirkan berapa literkah air minum fresh tanpa campuran apa pun yg telah dia minum dlam jangka waktu 24 jam. 

Dari itu, rasa haus yg kita rasakan nyatanya mungkin saja pertanda kita telah mengalami apa yang dinamakan dehidrasi & ini ialah sinyal bahwa badan mengalami kekurangan (defisit) cairan. Butuh untuk anda ketahui bahwa badan manusia merasakan rasa haus lebih dri yg terasa di bagian lidah. Sebab itu, sebaiknya anda tidak tidak butuh menunggu hingga muncl rasa haus itu, baru kemudian anda minum, sebaiknya sediakan waktu tertentu untuk anda minum air mineral.

Penyebab Rasa Haus 

Mekanisme rasa haus pada tubuh diawali dengan pengiriman sinyal dari otak ke bagian indra perasa pada manusia, lalu terbentuklah rasa ingin minum atau haus itu.

Jumlah dan kuantitas air yg dibutuhkan badan teramat bervariasi dan sangat tergantung pada makanan yg dimakan, juga suhu & kelembaban yang ada pada lingungan sekitar, tingkatkegiatan, & juga hal-hal lain. Nah, jumlah yg dimakan mesti seimbang dgn kuantitas dan jumlah asupan air yg dikeluarkan oleh badan. Air yg dibutuhkan oleh badan kira-kira dua sampai 2 setengah liter (atau sekitar kurang lebih 8 sampai 10 gelas air mineral) dalam satu harinya.

Jumlah dan kuantitas keperluan ini telah termasuk juga asupan cairan dri air makanan yang mengandung air. Adapun jumlah air yg dikeluarkan badan(lewat air seni, juga keringat, begitu pula tinja, & napas) kurang lebih 1 liter per hrinya, tergantung suhu udara di sekitar anda. Cairan badan pula bakal lebih banyak ke luar seandainya kita menjalankan berbagai kegiatan yg lebih banyak dan keras, semisal olahraga fisik. 

Resiko Jika Kekurangan Air 

Kekurangan dua prosen air badan dapat memicu gejala-gejala awal apa yang dinamakan dengan dehidrasi. Hilangnya 4-6 % asupan air memunculkan resiko sakit kepala, juga pusing &lemah. Jika sampai 12 % asupan air itu hilang, maka fungsi gerak & otot akan terganggu, adapun kekurangan air sebanyak 15 sampai 25 prosen akan berakibat lebih fatal lagi , hingga bisa jadi menyebabkan resiko kematian. 

Jikalau badan kehilangan cairan lebih banyak di bandingkan dgn asupan yang seharusnya, bakal terjadi apa yang dinamakan dehidrasi tadi. Gejala-gejala awal dehidrasi bisa jadi berupa rasa haus, kemudian air seni yang keluar sedikit & agak pekat, juga kuantitas keringat sedikit, terjadi mulut kering, badan terasa lemas, sampai kulit yg kehilangan kelembaban.

Pada tingkat yg lebih berat lagi, gejala dehidrasi yg muncul bakal lebih banyak dan bervariasi lagi. yakni misalnya mata jadi agak cekung, kemudian kulit pucat, begitu pula ujung-ujung jari jadi dingin sebab aliran darah menuju kapiler menyusut, & denyut nadi jadi melonjak secara drastis dari agak cepat sekali jadi lambat.Secara psikologis penderita dehidrasi pun jadi agak apatis & tingkat kesadarannya secara bertahap menurun sedikit demi sedikit.

Sampel Konkret

Sampel dan contoh yang nyata berkaitan dengan bahaya dehidrasi ini dapat di lihat pada banyaknya para jemaah haji yg wafat dan meninggal dengan lemas atau hilang kesadaran sehingga wafat meski sebelum-sebelumnya mereka sama sekali tak miliki penyakit yang dikatakan berarti. Penyebabnya, karena rata-rata mereka tak siap dgn keadaan dan kondisi tanah suci yg tiba-tiba panas & kering yg memudahkan dan memicu penguapan air pada badan. 

Jikalau di lihat dari perbandingan aktifitas dan kegiatan, remajalah yg paling gampang terkena yang namanya dehidrasi ini. Pasalnya, para remaja biasanya tidak sedikit jalankan beraneka aktivitas, sampai gerakan fisik pun meningkat secara drastis mereka jalankan. 

Aktifitas-aktifitas itu menguras tenaga & begitu pula cairan badan. Yg terjadi ketika badan kekurangan air ialah sel-sel akan mengalami kekurangan asupan energi yang siap pakai. Badan terdiri dri triliunan buah sel yg bahan pembuatan dasarnya ialah air, sehingga kekurangan bahan pembentuk dasar darah berupa air dari sel itu sangat rentan memicu gangguan pada fungsi otak dan bisa jadi juga mengganggu proses normal serta mekanisme rasa haus itu sendiri pada manusia.

Oleh karenanya, senantiasa sediakan waktu atau saat utk minum air mineral secukupnya untuk menghindari resiko dan bahaya akibat apa yang disebut dengan dehidrasi, dan juga sebaiknya jauh sebelum badan mengirimkan sinyal dan tanda bahwa anda sedang mengalami haus.

Tidak Cuma itu, butuh diperhatikan pula bahwa yg dibutuhkan badan ialah air mineral atau air murni sebab sifatnya yg bisa melintasi batasan-batasan serta secara mudah diserap tubuh.

Demikianlah artikel tentang mekanisme rasa haus dan berbagai seluk beluknya yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Related Posts:

1 Response to "Mekanisme Rasa Haus Pada Manusia"

  1. ya... sesibuk apapun tidak boleh lupa untuk minum air putih dan sedia air putih selalu :D

    BalasHapus