10 Makanan Paling Bergizi

10-makanan-paling-bergizi


Sehat atau tidaknya makanan yang kita makan, itu semua tergantung kepada kita.

Selain memberikan energi yang dibutuhkan, makanan yang kita konsumsi setiap hari juga berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit.
Jadi sebenarnya mengkonsumsi makanan bergizi itu sangatlah penting bagi kita.
Langsung saja, apa ke-10 makanan bergizi tersebut..


1. Blueberries
blueberry


    Kandungan senyawa antioksidan pada blueberries yang disebut flavonoid atau dikenal anthocuanin berfungsi menangkal penyakit jantung, kanker, dan kebutaan terkait usia dan kehilangan memori.
Seperti halnya sepupu mereka cranberry, blueberry juga terbukti dapat mencegah infeksi saluran kemih, berkat epicatachins antioksidan, yang menjaga bekteri tidak menempel ke dinding kandung kemih.
Bahkan, serat dalam blueberry ampuh dalam menangkal sembelit.

2. Brokoli
brokoli
   
      Brokoli adalah salah satu makanan pelawan kanker, berkat kehadiran senyawa sulfur, seperti sulforaphane. Mengkonsumsi lebih banyak brokoli bisa memangkas resiko seseorang dari kanker payudara (cocok buat para wanita), kanker paru-paru dan kanker usus besar.
Sulforaphane juga telah terbukti khasiatnya untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul.

3. Cokelat Hitam
cokelat hitam



    Cokelat hitam mengandung sejumlah besar flavonoid, jenis antioksidan. Bahkan, kandungan flavonoid pada cokelat hitam lebih banyak dari makanan lainnya. 

Studi menemukan bahwa antioksidan dapat menigkatkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, memperlambat oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi peradangan.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan 45 gram (1,5 ons) per hari dapat mengurangi resiko serangan jantung sebesar 10 %.
Makan cokelat hitam juga dapat menurunkan resistensi insulin, masalah utama di balik "Diabetes".

4. Benih Lenan (Flaxseed)
benih-lenan
    
     Biji lenan bekerja layaknya seperti hormon estrogen dalam tubuh, menghalangi reseptor estrogen pada sel dan memberikan konstribusi terkait penurunan tingkat hormon tertentu yang berhubungan dengan kanker, seperti kanker payudara. 
flaxseeed juga merupakan sumber alpha-linolenic acid (ALA), suatu asam lemak esensial yang digunakan tubuh untuk membuat asam lemak omega 3. ALA berfungsi mengencerkan darah dan mengurangi stroke.

5. Ikan Salmon
ikan-salmon
    
Makan setidaknya dua porsi ikan salmon seminggu dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 17 % dan resiko anda terkena serangan jantung hingga 27 %.
Sebuah studi di Swedia yang diikuti lebih dari 10 orang 6.000 pria selama 30 tahun menemukan bahwa mereka yang makan lemak ikan dalam jumlah yang moderat menurunkan resiko kanker prostat.

6. Bawang Putih
bawang putih
    Bawang putih memiliki antibakteri, antijamur dan sifat sebagai antivirus, bahkan berpotensi untuk mengusir beberapa bakteri yang resisten antibiotik.
Meski hanya menurunkan sedikit kolesterol, rempah-rempah ini juga bertindak sebagai pengecer darah, mengurangi pembentukan darah beku, resiko serangan jantung dan stroke.

7. Alpukat
alpukat

    Jangan salah mengartikan lemak yang terkandung pada buah alpukat. Lemak alpukat termasuk dalam kelompok lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak akan perut anda gendut.
Buah alpukat justru dapat menurunkan kolesterol.
Para peneliti menemukan bahwa mengganti hanya 5 % dari kalori yang berasal dari lemak jenuh (mentega atau keju) dengan lemak tak jenuh tunggal (alpukat) bisa memangkas resiko serangan jantung.
manfaat lainnya, alpukat juga banyak mengandung beta-sitosterol, sterol tanaman yang menghambat peyerapan kolesterol makanan, bertindak sebagai senyawa antikanker (glutatin) dan antioksidan yang kuat.

8. Kacang


kacang

    Kacang sebenarnya baik untuk jantung anda karena kacang mampu menyerap kolesterol sehingga tubuh dapat membuangnya sebelum menempel pada dinding arteri.
Studi menemukan bahwa diet tinggi serat larut dapat mengurangi kolesterol total sebesar 10-15 %.
Dan yang paling penting bahwa, jenis kacang-kacangan adalah makanan yang paling banyak mengandung antioksidan.

9. Yogurt
yogurt
    Yogurt adalah sumber makanan yang berperan penting dalam pembangunan tulang. Akan tetapi, kekuatan sebenarnya terkandung pada bakteri baik yang ada didalamnya yang dikenal sebagai prebiotik, yang terus menekan bakteri merugikan di usus anda.
Terlalu banyak bakteri "buruk" dapat menyebabkan masalah kesehatan gastrointestinal dan lainnya.
Mengkonsumsi yogurt juga dapat membantu mengatasi penyakit inflamasi (peradangan) usus, maag, infeksi saluran kemih, dan infeksi jamur pada vagina.

10. Bayam


bayam
      Selain berfungsi dalam melindungi mata anda dari degenerasi makula (penurunan ketajaman penglihatan), kandungan karotenoid pada bayam juga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah resiko patah tulang.
Segala macam sayuran berwarna hijau merupakan sumber yang kaya akan kalium dan magnesium serta folat.
Dimana semuanya berfungsi menjaga tekanan darah dan mengurangi resiko stroke.
Folat juga berfungsi sebagai pemangkas resiko kanker paru-paru bagi mantan perokok.



Related Posts:

1 Response to "10 Makanan Paling Bergizi"

  1. nais info..keep posting.
    kalo aku paling suka cokelat hitam sama alpukatnya :D
    haha..mantap!

    BalasHapus