Tips Berbuka Puasa Dan Sahur Bagi Wanita Hamil

Perempuan hamil maupun menyusui yang memilih untuktetap menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan wajib melakukan sahur. Sahur merupakan sarapan yang bermanfaat dalam memproduksi energi yang akan dipakai sepanjang hari. Di bawah ini ada beberapa tips sahur yang sehat :
Tips Berbuka Puasa Dan Sahur Bagi Wanita Hamil

  • Konsumsi makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna. Komposisi yang setimbang yakni 50% karbohidrat, 30% protein, serta 10 hingga 20% lemak. Makanan yang ada karbohidratnya, contohnya seperti nasi, dan gandum. Makanan yang memiliki kadar protein yang tinggi misalnya daging, ayam, tahu atau tempe.
  • Upayakan terdapat sayur serta buah-buahan pada menu sahur agar pembuangan air besar lancar serta tidak mengalami sembelit. Seringnya makanan sahur tidak cukup serat, sehinga menjadikan BAB (buang air besar) yang kurang lancar. Padahal, buang air besar yang kurang lancar dapat mengakibatkan gangguan seperti penyakit wasir bagi wanita hamil.
  • Konsumsi susu yang hangat begitu dianjurkan agar menambah daya. Namun, jika gula dalam darah wanita hamil atau menyusui termasuk dalam tingkat yang tinggi, maka hendaknya konsumsi susu plain atau boleh dimasukkan pemanis secara aman atau yang dianjurkan.
  • Ingat pula untuk konsumsi suplemen (jika memang terdapat suplemen yang wajib dikonsumsi) serta perbanyak konsumsi air putih.
  • Hendaknya makan saat sahur dikerjakan dengan tidak tergesa-gesa. Akibatnya, seorang ibu wajib bangun lebih pagi. Terlebih bagi wanita yang menyusui, pastikan bayinya pada kondisi yang kenyang jadi tidak akanter bangun ataupun menangis ketika ibu sedang sahur.
Segerakan buka puasa

  • Tidak heran jika akan tiba saatnya berbuka, beraneka makanan dihidangkan sebab perut terasa begitu melilit.Terlebih melakukan puasa ketika hamil atau menyusui tentu kian lapar dan merasakan dahaga sebab makanannya bukan saja untuk dirinya pribadi, namun juga wajib dibagi dengan janin atau bayi yang tengah disusui. Di bawah ini ada tips berbuka puasa yang sehat :
  • Mulailah berbuka puasa menggunaka nmakanan yang hangat serta rasanya manis. Hendaknya tidak langsung mengonsumsi es sebab dapa tmengakibatkan kembung karenaasam lambung yang dihasilkan bertambah. Namun, jika perempuan yang hamil atau menyusui perlu membatasi hidangan-hidangan yang manis, maka pilihlah pemanis yang aman.
  • Pastikan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan yang berat. Hendaknya berikan sela waktu setelah shalat maghrib agar system pencernaan tidak disuruh bekerja secara keras sesudah berhenti selama satu hari.
  • Dianjurkan untuk makan makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran dan buah, ketika buka puasa. Makanan yang seratnya tinggi akan diproses dengan waktu yang panjang jadi lambung dapat bersiap dengan berkala.
  • Pastikan untuk tidak bukapuasa hingga terlalu kenyang, karena hal tersebut cuma akan membuat ibu mengantuk.
  • Jadwal makan tiga kali dalam satu hari tetap dapat dilaksanakan dengan mengonsumsi makanan yang ringan, seperti roti, pudding ataupun makanan kecil usaim enjalankan shalat tarawih ataupun kurang lebih pukul 21.00.
  • Memperbanyak konsumsi air bening saatmalam hari.

Related Posts:

0 Response to "Tips Berbuka Puasa Dan Sahur Bagi Wanita Hamil"

Posting Komentar