Tips Agar Terhindar dari Penipuan Transaksi Perbankan Online


Tips Agar Terhindar dari Penipuan Transaksi Perbankan Online

Tips Agar Terhindar dari Penipuan Transaksi Perbankan Online. Salah seorang nasabah sebuah bank Singapura menjadi buah bibir pemberitaan beberapa situs berita online di dunia maya, nasabah bernama Mark Lim hampir saja kehilangan uang simpanannya di bank setelah ia membuka internet bangking menggunakan sebuah laptop yang terjangkit dengan malware berbahaya yang dibuat untuk mengintip akun nasabah bank. Beruntung Mark Lim segera melakukan antisipasi dengan memberitahukan pihak bank tempat ia menabung, sehingga pihak bank segera melakukan pemblokiran transaksi yang menyelamatkan uang Lim sebanyak 13.325 dollar singapura atau setara dengan sekitar Rp 131 juta.

Para ahli IT mengetakan bahwa keberhasilan Lim yang secara cepat memberitahukan pihak bank setelah melihat keanehan saat membuka akun internet bangkingnya termasuk sebuah keberuntungan, tidak banyak yang tahu bahwa hal serupa menimpa banyak orang seperti Lim ini, namun rata-rata uang mereka lenyap dicuri oleh pencuri online dengan modus yang sama atau mirip dengan modus yang ditemukan oleh Mark Lim saat akun banknya dibobol oleh malware tersebut.

Untuk menyelamatkan uang yang kita simpan di bank dan kebetulan nasabah bersangkutan menggunakan layanan internet banking, ada beberapa hal yang direkomendasikan oleh banyak ahli IT yang bisa menjadi langkah antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan internet bangking, berikut ini menit.us akan memaparkan hal-hal yang dimaksud.

Aktifkan Antivirus

Dewasa ini berbagai malware dan virus bertebaran menyerang perangkat-perangkat canggih, hal ini disebabkan kemajuan teknologi dan berkembangnya ilmu IT dengan begitu pesat, tak jarang kita menemukan anak SD yang ternyata sudah mahir membuat virus dan malware yang berbahay untuk berbagai perangkat gadget, oleh karena itu sebaiknya anda mempunyai antivirus dan antimalware untuk melindungi perangkat laptop atau komputer anda, terutama komputer atau laptop yang dipakai untuk melakukan internet bangking. Dan satu hal yang hendaknya anda catat bahwa perangkat lunak yang anda pakai sebagai perangkat keamanan (antivirus) hendaknya selalu anda update, karena setiap harinya berbagai jenis virus dan malware terus lahir dengan fitur dan kemampuan baru untuk merusak kemanan perangkat.

Hendaknya Selalu Waspada

Ketika anda membuka akun internet banking anda, lalu tiba-tiba anda menemukan hal yang anda anggap aneh dan di luar kebiasaan, maka perlu anda waspadai. Misalnya ketika tiba-tiba muncul gambar atau fitur baru yang tidak pernah anda pasang, atau tiba-tiba perangkat laptop yang anda pakai tiba-tiba berlayar gelap, jika hal-hal seperti ini anda temui maka urungkan niat anda untuk membuka akun bank anda via online, karena bisa jadi hal-hal tadi merupakan indikasi perangkat anda sedang terinfeksi malware dan virus berbahaya.

Jangan Sembarangan Mendownload Gadget

Terutama bagi pengguna smartphone, berbagai aplikasi gratis nan menarik “bergentayangan” seolah-oleh memanggil-manggil untuk didownload, anda perlu berhati-hati, kareana terkadang aplikasi yang tidak jelas bisa menjadi sarana penyebaran berbagai virus dan malware, usahakan mengunduh aplikasi
Demikianlah tips melakukan transaksi perbankan online dengan aman, semoga ada manfaatnya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Agar Terhindar dari Penipuan Transaksi Perbankan Online"

Posting Komentar