Ternyata Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Obesitas


Ternyata Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Obesitas

Apakah anda kurang tidur? jika jawabannya ya, berarti anda berkesempatan membuat berat badan anda semakin bertambah. Ya, kurang tidur tidak hanya berdampak pada turunnya kekebalan tubuh, namun dapat pula membuat berat badan anda semakin bertambah atau obesitas. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan oleh para ahli Mayo Clinic in Rochester, Minnesota Amerika Serikat bahwa seseorang yang kurang tidur cenderung menkonsumsi kalori yang lebih banyak sehingga tubuhnya lebih mudah menjadi gemuk.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa ahli melibatkan 17 orang pria dan wanita yang masih muda dan memiliki tubuh yang sehat. mereka diteliti selama delapan malam, kemudian mereka dibagi menjadi dua kelompok, setengah dari para peserta tesebut ditempatkan pada kelompok dengan waktu tidur normal (kelompok kontrol), dan sebagiannya lagi ditempatkan pada kelompok dengan waktu tidurnya hanya 2/3 saja (kelompok kurang tidur).

Selama penelitian tersebut semua peserta diperbolehkan untuk makan makanan apa saja dan sebanyak yang mereka mau. dan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para peserta yang berada pada katagori kelompok kurang tidur, rata-rata mereka menkonsumsi kalori lebih banyak yaitu sebesar 549 kalori tambahan per harinya. selain itu kelompok kurang tidur ini lebih sedikit membakar kalori ketika mereka melakukan aktivitas dibanding kelompok kontrol (kelompok dengan waktu tidur normal).

Para peneliti mengungkap bahwa kurang tidur dikolerasikan dengan peningkatan kadar ghrelin dan kadar leptin, dan keduanya sangat berpengaruh pada nafsu makan seseorang, dan perubahan ini diprediksi akibat makan yang berlebihan. ujar para ahli yang risetnya dipublikasikan pada Jurnal AHA (American Heart Association).

Kurang tidur merupakan masalah yang dialami oleh kebanyakan orang saat ini, dari hasil penelitian menyatakan kurang lebih 28% orang dewasa sekarang ini kekurangan tidur, mereka hanya tidur selama 6 jam per harinya. para peneliti memberi catatan walaupun studi ini megungkap bahwa kurang tidur dapat menjadi penyebab penting dari obesitas, namun ini hanyalah penelitian kecil yang bisa dikatakan belim dapat membuktikan hubungan sebab-akibat dari permasalahan ini.

Related Posts:

0 Response to "Ternyata Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Obesitas"

Posting Komentar