Tanaman Ini Sangat Beracun, Namun Banyak Orang Tidak Mengetahuinya

Tanaman Ini Sangat Beracun, Namun Banyak Orang Tidak Mengetahuinya
Lihat jenis tanaman di samping! Bukankah kita sering melihatnya terutama sebagai tanaman hias yang ditaruh di depan rumah? Sebagian ahli kesehatan menyebutkan manfaat tanaman ini sebagai tanaman yang bisa menyerap udara kotor dan polusi, namun tahukah anda? Ternyata tanaman ini sangat berbahaya jika sampai terjadi kontak langsung dengan tubuh manusia, kontak langsung dalam artian tertelan atau getahnya mengenai tubuh, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Nama ilmiah tanaman ini adalah Diefenbanchia Amoenna, di daerah Jakarta sering disebut dengan Blenceng, di daerah lain kadang disebut dengan Sri Rejeki, Beras Wutuh, Pisang Tanah, Dump Cane dan beberapa nama lainnya. Aslinya tanaman ini berasal dari negara Ruanda dan Uganda, biasa tumbuh di daerah tropis, sering kita temukan di rumah-rumah, perkantoran dan toko-toko dipakai sebagai tanaman hias.

Tanaman Dump Cane Sangat Beracun

Tanaman ini memang menjadi tanaman hias yang termasuk populer, di samping karena tumbuhnya yang sangat gampang dan tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman ini juga terlihat indah dan sedap dipandang mata, sedikit orang yang mengetahui bahwa tanaman Beras Wutuh ini adalah tanaman beracun dan berbahaya, kandungan racun yang dikandungnya adalah senyawa Calcium Oxalate Crystal yang dikenal sebagai zat beracun dan berbahaya yang bisa menyebabkan kebutaan jika mengenai mata, menyebabkan bisu jika mengenai mulut (terkunyah), gatal jika mengenai kulit dan berbagai bahaya lainnya. Bahkan nama Dumb Cane yang disematkan pada pohon ini mengandung isyarat akan bahaya yang bisa disebabkan tanaman yang satu ini Dumb artinya tongkat dan Cane berarti bodoh.

Dari itu hindari menanam tanaman ini baik diluar rumah maupun di dalamnya, terutama bagi anda yang mempunyai balita atau anak kecil, ketika anda sedang tidak di rumah atau anda lalai dan membiarkan anak kecil anda bermain lalu ia menyentuh atau bahkan mengunyah daun tanaman ini, akibatnya akan sangat fatal, jadi sebaiknya tidak perlu memelihara tanaman ini di rumah, banyak tanaman lain yang bisa menggantikannya sebagai tanaman hias yang aman dan tidak berbahaya.

Reaksi yang Timbul Pada Tubuh Akibat Tanaman Ini

Di daerah Amerika Tengah tanaman hias ini dahulu kala dipakai untuk menyiksa para budak yang malas bekerja sehingga mengakibatkan mereka menjadi bisu setelah disikasa dengan tanaman ini. Gejala awal yang biasanya muncul bagi yang keracunan tanaman Beras Wutuh ini adalah keluarnya air liur secara berlebih, sulit berbicara dan susah menelan makanan, terjadi pembengkakan hebat di daerah tubuh yang terkena, terjadi gangguan pernafasan, muntah dan bahkan diare.

Jika tidak segera mendapat penanganan khusus, orang yang terkena racun tanaman Beras Wutuh ini bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan bahkan kematian , reaksi cepat yang bisa timbul akibat kontak langsung dengan tanaman ini disinyalir bisa membunuh anak-anak dalam waktu tidak lebih dari satu menit jika tertelan dan bisa membunuh orang dewasa tidak lebih dari 15 menit jika ditelan.

Jadi, hindari menanam tanaman ini di tempat yang biasa dipakai bermain oleh anak-anak kita atau bahkan jika perlu hindari menanam tanaman ini, gantilah dengan tanaman lain yang tidak berbahaya dan aman.

Related Posts:

0 Response to "Tanaman Ini Sangat Beracun, Namun Banyak Orang Tidak Mengetahuinya"

Posting Komentar