Bahasa Sunda Sehari Hari dan Artinya

Bahasa sunda sehari hari dan artinya. Bahasa sunda sudah menjadi salah satu bahasa ibu yang memiliki penduduk yang menggunakannya terbanyak kedua setelah basa Jawa di tanah air kita Indonesia, bahasa sunda merupakan bahasa yang umum digunakan oleh suku sunda yang kebanyakan dan mayoritas mereka tinggal di wilayah bagian barat pulau jawa. Dewasa ini Bahasa Sunda ditengah warga telah tak asing lagi, bahkan mulai dr anak-anak, kemudian remaja dan remaji juga orang sepuh telah memakai bahasa yang satu ini sejak lama, pemilihan bahasa yg di anggap unik olh penduduk & khas jadi latar belakang serta penyebab bahasa Sunda mulai dipakai oleh tidak sedikit orang dewasa ini. 
Bahasa sunda sehari hari dan artinya

Tapi, bahasa Sunda yg dulunya di kenal jadi bahasa pengantar oleh orang yg bertempat tinggal dan bermukim di sekitar ja-bar dalam melakukan percakapan sehari-harinya, kini telah tak begitu lagi populer di kalangan pengguna aslinya sendiri, terbukti paling tidak cuma sedikit orang aja yg memakai bahasa sunda ini, bahkan pun mereka yg merupakan orang sunda original rata-rata memakai bukan bahasa Sunda, jadi seringkali mereka sekarang ini memanfaatkan bahasa Indonesia sbg bahasa buat percakapan mereka sehari-harinya, memang ironis sekali di saat orang-orang selain sunda berbicara memakai bahasa sunda namun justru pemilik asli bahasa ini justru berbicara dan bercakap-cakap bukan dengan bahasa asli mereka.

Bahasa sunda sehari hari dan artinya

Apabila di lihat dari wujud percakapan serta strukturnya, basa Sunda sebenarnya bisa di bagi jadi dua jenis yaitu bahasa halus & bahasa sunda kasar. Namun kenapa tidak sedikit mahasiswa & bahkan pemuda-pemudi yg memakai bahasa ini dengan cara salah? Mereka justru lebih mementingkan kasar dari pada memakai bahasa Sunda halus yg selama ini dipandang memiliki nilai bahasa yang terkesan sopan, beradab & santun. Layaknya ortu yg tidak jarang bahkan selalu memanfaatkan bahasa Sunda dengan cara halus, sangat disayangkan ini tak di terapkan sama sekali olh anak bujang jaman deasa ini,terlebih efek jelek yg bisa di ambil dri salahnya pemakaian bahasa ini ialah disaat adik atau anak-anak yang masih kecil di sekitar kita yg mengerti & terkesan ada banyak tahu. Tak menutup kemungkinan, mereka nantinya bakal mengikuti apa yg mereka saksikan & dengar berkaitan pemakaian bahasa Sunda yg salah, kasar & tak baik ini. Nah dalam artikel kali ini kami membawakan judul bahasa sunda sehari hari dan artinya sebagai pembelajaran terhadap bahasa sunda ini.

Sbg pembanding saja, taruh saja bahasa tentangga yakni bahasa Jawa. Sebagaimana basa Sunda, Bahasa Jawa pula saat ini dapat di bilang mulai memudar dri kalangan penduduk dan masyarakat jawa. Kenapa rakyat Indonesia yg telah diberikan tidak sedikit kelimpahan berbagai budaya & bahasa yang beragam malah tak menghargai nikmat dan pemberian tersebut? Sekarang, ambillah sampel laki-laki bernama Sudjiwo Tedjo yg masihlah memakai bahasa Jawa sbg bahasa percakapanyan sehari-hari saat ini. Ini membuktikan bhw dia yg telah tidak sedikit usia (tua) juga tetap ingin melestarikan bahasa nenek moyangnya bahasa Jawa dgn baik & sopan dikalangan warga. & dgn memakai bahasa Jawa ini, kita tak bakal jadi bodoh & tak akan kekurangan info seperti layaknya kita memanfaatkan bahasa Indonesia saat ini.

Apakah sampai saat ini basa Sunda masih berlaku dan lestari?

Bahasa Sunda yg kita kenal dipakai sejak dulu, belakangan ini jadi memudar pemakaiannya di kalangan warga masyarakat. Banyak hal yg jadi rintangan dan penyebab bahasa ini makin memudar secara perlahan. Salah satunya ialah banyaknya pendatang dri kota lain yg saat ini bertempat tinggal dan berdomisili di daerah jabar seperti kota Bandung, kemudian Jatinangor, & lain-lain. Saat tidak sedikit para perantau yg datang kekota baru yang bukan kotanya sendiri, secara otomatis mereka terkadang mau belajar bahasa apa yg dipakai di lokasi tempat tinggal barunya itu, maka lambat laun secara alamiah mereka mengikuti bahasa dan gaya basa Sunda sbg bahasa percakapan yang mereka pakai sehari-hari, namun di samping itu justru pemakaian bahasa lain yang mereka bawa justru memudarkan bahasa asli yang ada di daerah itu. 

Jadi kembali kami lempar pertanyaan tadi, apakah bahasa sunda masih lestari sampai saat ini? Jawabannya kami serahkan kepada anda. Untuk melengkapi artikel ini berikut adalah bahasa sunda sehari hari dan artinya.

1-sim kuring didamel unggal dinten 

2-dinten rebo sim kuring  bade angkat ka pasar 

3-sim kuring masak sangu sareng sayur kanggo kulawarga unggal dinten 

4-asep angkat ka sakola unggal dinten naek sapedah 

5-sim kuring sarapan leuwih tiheula sateuacan angkat ka sakola 

6-sim kuring uih  ti kantor tabuh 2 siang 

7-dinteun saptu sim kuring kalawan kulawarga bade angkat ka basisir 

8-pak budi unggal dinten angkat ka sawah 

9-pak.ahmad melak pare di sawah 

10-pak.ali melak suuk di sawah na di taun ieu 

11-sim kuring bade angkat ziarah ka bumi emang dinteun kemis

12-saminggu teh aya 7 poe 

13-sim kuring angkat  ka dokter nu cakeut sareng bumi lamun saim kuring kirang sehat 

14-bapa angkat ka dokter kanggo mariksa kasehatan na 2 dinteun dina seminggu

Di bawah ini adalah arti dan terjemahan untuk kalimat-kalimat bahasa sunda yang kami tuliskan secara jelas di atas, sengaja kami urutkan dengan memakai angka supaya anda lebih mudah mencari artinya atau terjemahannya sesuai dengan nomer-nomer yang kami berikan. Artikel Terkait : Kamus Bahasa Sunda

1-saya pergi bekerja setiap hari

2-hari rabu saya akan pergi ke pasar

3-saya memasak nasi dan sayur untuk keluarga setiap hari

4-asep pergi ke sekolah setiap hari memakai sepeda

5-saya sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke sekolah

6-saya pulang dari kantor pada jam 2 siang

7-pada hari sabtu kami dengan keluarga akan pergi ke pantai

8-pak budi setiap hari pergi ke sawah

9-pak.ahmad menanam padi di sawah

10-pak.ali menanam kacang tanah di sawahnya pada tahun ini

11-saya akan pergi ziarah ke rumah paman pada hari kamis

12-seminggu terdiri atas 7 hari

13-saya pergi ke dokter di dekat rumah saya jika saya sakit

14-bapak pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatannya 2 hari dalam seminggu

Bahasa sunda sehari hari dan artinya. Artikel yang kami buat kali ini tentang bahasa sunda sehari hari dan artinya, kami harapkan bisa menggugah anda semua untuk melestarikan bahasa yang satu ini terutama anda yang saat ini tinggal dan berdomisili di Jawa bagian barat tentu anda tidak mau jika suatu saat kelak bahasa ini hilang dari peredaran dan digantikan dengan bahasa yang lain bukan? Jadi artikel tentang bahasa sunda sehari hari dan artinya ini kami buat untuk itu dan selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada artikel-artikel intikabar berikutnya. Terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Bahasa Sunda Sehari Hari dan Artinya"

Posting Komentar